Mau Nabung Saham? Mudah dan Murah, Begini Caranya!

Ilustrasi Investasi (halofina.id)

Apa untungnya nabung saham? Kira-kira itu pertanyaan yang muncul ketika kita mendengar “Nabung Saham”. Salah satu jawabannya adalah data harga saham Unilever Indonesia (UNVR), produsen Pepsodent dan Lifebuoy, tahun 2008 harga saham Unilever Rp6.650 dan sekarang, tahun 2018 harga saham Unilever Rp45.400, artinya harga saham Unilever naik Rp38.750 atau naik 582,7%, naik hampir 6 kali lipat dalam waktu 10 tahun. Jika anda membeli saham Unilever senilai 10 juta rupiah pada tahun 2008, maka tahun 2018 ini harga saham anda meningkat menjadi 58 juta rupiah.

Kenaikan Harga Saham Unilever 10 Tahun Terakhir (google.com)

Untuk apa nabung saham? Nabung saham sangat cocok bagi anda yang ingin memenuhi kebutuhan finansial yang nilainya cukup besar di masa depan, seperti biaya nikah, biaya sekolah atau kuliah anak, biaya jalan-jalan, dana pensiun atau bisa juga digunakan sebagai sarana untuk investasi, menyimpan dan mengembangkan kekayaan yang anda miliki saat ini.

Ngomong-ngomong saham itu apa ya? Secara sederhana saham dapat diartikan sebagai bukti kepemilikan kita atas suatu perusahaan, misalnya kita membeli saham Unilever sebanyak 100 lembar atau sekitar Rp4.540.000, itu artinya kita memiliki perusahan Unilever sebesar nilai tersebut.

Apa untungnya membeli saham? Ada dua keuntungan ketika kita membeli saham, saham Unilever misalnya. Pertama, kita akan mendapatkan keuntungan apabila saham kita naik harganya. Kedua, sebagai pemilik Unilever kita akan mendapatkan keuntungan dari laba yang diperoleh unilever setiap tahunnya, sebanding dengan presentase kepemilikan saham kita di Unilever.

Kenaikan Harga Saham Telkom 10 Tahun Terakhir (google.com)

Terus bagaimana caranya kalau saya mau nabung saham? Sangat mudah, pertama, anda membuka rekening saham di perusahaan sekuritas (perusahaan perantara untuk pembelian dan penjualan saham), dokumen yang diperlukan adalah fotokopi KTP dan NPWP. Setoran awal untuk membuka rekening saham berbeda-beda tergantung perusahaan sekuritas yang anda pilih, berkisar antara 1 juta – 10 juta rupiah, bahkan di acara-acara tertentu, seperti Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan secara rutin oleh Bursa Efek Indonesia, pembukaan rekening saham dapat dilakukan dengan setoran awal Rp100.000 di beberapa perusahaan sekuritas tertentu.

Artikel pilihan : Mau Buka Rekening Saham? Inilah Beberapa Perusahaan Sekuritas yang Bisa Anda Pilih

Kedua, anda menyetorkan sejumlah uang ke rekening saham yang anda miliki melalui bank yang telah anda pilih pada saat pembukaan rekening saham.

Ketiga, anda bisa mulai membeli saham di smartphone yang anda miliki melalui aplikasi jual beli saham yang dimiliki perusahaan sekuritas. Jual beli saham juga bisa anda lakukan melalui aplikasi di komputer atau laptop dan di website perusahaan sekuritas yang telah anda pilih.

Contoh Aplikasi Jual Beli Saham pada Smartphone

Apabila anda ingin menjual saham yang sudah dibeli, anda bisa menjualnya di aplikasi pada smartphone, komputer, laptop atau di website perusahaan sekuritas dan uang akan masuk pada rekening dana investor milik anda pada hari keempat setelah transaksi.

Artikel pilihan : Sekolah Pasar Modal, Program Edukasi Investasi Gratis dari Bursa Efek Indonesia

Anda dapat memantau perubahan harga saham yang sudah anda beli, salah satunya melalui aplikasi saham dalam smartphone anda.

Contoh Grafik Harga Saham pada Aplikasi Smartphone

Harga sahamnya berapa? Harga saham sangat variatif, mulai dari ratusan rupiah sampai puluhan ribu rupiah, berikut ini harga (saat artikel ini ditulis) beberapa saham yang bisa anda beli di Bursa Efek Indonesia.

  • Sentul City (BKSL) Rp109
  • Media Nusantara Citra (MNCN) Rp690
  • Aneka Tambang Persero (ANTM) Rp765
  • Indofood Sukses Makmur (INDF) Rp7.450
  • Unilever Indonesia (UNVR) Rp45.400
  • Gudang Garam (GGRM) Rp83.625

Artikel pilihan : LQ45, 45 Saham Paling Laku di Indonesia, Ini Daftar Harganya!

Demikianlah informasi tentang cara menabung saham yang mudah dan murah, semoga bermanfaat.

Ayo bagikan sebagai sedekah...
© Hak Cipta 2018 www.kutemukan.com